Pembacaan RSS Feed Menggunakan Inputan User dan Pembacaan XML Dalam Bentuk Tabel


Pengertian serta Penjelasan sedikit mengenai apa itu RSS feed dan XML.

RSS adalah singkatan dari Really Simple Sindication, yakni satu sistem sindikasi yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan update/artikel terbaru dari situs-situs favorit Anda secara otomatis. Misalkan Anda sangat menyukai blog ini (cuma contoh lho....), maka dengan mendaftarkan diri di RSS saya, Anda akan memperoleh artikel-artikel terbaru setiap kali saya meng-update blog ini.

RSS
 adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke :

ü   Rich Site Summary (RSS 0.91)
ü  RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
ü  Really Simple Syndication (RSS 2.0)

 Kemudian, apa itu Feed? Feed adalah pengumpul untuk mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Feed ini bisa berupa program komputer atau layanan yang berbasis online.

            RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.

Berikut contoh RSS yang udah saya coba buat,sebenarnya ini juga termasuk tugas kuliah sih J hehe,, tengok ya :D

Langkah awal buat inputan user dulu ya, dengan nama file rss_class.php. seperti dibawah ini:




















Kemudian setelah membuat inputan usernya, kita buat Index.php nya.
Berikut tampilan Index.php nya.....















Nah setelah itu, kita buka webBrowser untuk mengetahui hasinya, dengan cara ketikkan (localhost/syarifah/read-rss/)  kemudian tampil seperti dibawah ini:



















Pembacaan XML Dalam Bentuk Tabel
Pengertian XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam.XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak internet.
Tipe XML
XML memiliki tiga tipe file :
ü  XML, merupakan standar format dari struktur berkas (file).
ü  XSL, merupakan standar untuk memodifikasi data yang diimpor atau diekspor.
ü  XSD, merupakan standar yang mendefinisikan struktur database dalam XML.
Berikut Contoh Source code XML  :D
Langkah awal kita buat script yang kemudian disimpan kedalam folder di htdoc makanan.Xml untuk menjalankan ke web browser.






























Contoh Source code:































Setelah membuat script dan tersimpan di htdoc, kemudian langkah selanjutnya kita buka webBrowser untuk mengetahui Hasil. dan inilah hasil outputnya setelah dijalankan.. :)

















Sekian dan Selamat Mencoba :D

Komentar

Postingan Populer