Apa itu skoliosis?

Apa sih skoliosis itu?



Scoliosis adalah pembengkokan tulang belakang melengkung seperti huruf C atau S. 

Kebanyakan kasus gangguan muskuloskeletal jenis ini bersifat ringan. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, lengkungan tulang punggung berpotensi memburuk. Tulang punggung dengan lengkungan yang cukup parah dapat memengaruhi kinerja organ vital di sekitarnya.

Penyebabnya itu karena Kondisi yang menandakan adanya gangguan fungsi saraf dan otot, seperti distrofi otot atau cerebral palsy, adanya perkembangan tulang belakang yang tidak sempurna saat janin berada di dalam kandungan, Terjatuh dari tempat tinggi, kecelakan, tertimpa benda berat di punggung, atau infeksi pada tulang belakang bisa menimbulkan cedera tulang dan jadi penyebab skoliosis, terakhir osteoporosi dapat membuat tulang mudah patah dan membuatnya melengkung berlebihan.

Apa aja sih tanda-tanda dan gejala skoliosis?

Bahu miring.

- Pinggang kiri dan kanan tidak sejajar.

- Satu pinggul lebih tinggi dari pinggul lain.

- Adanya tonjolan tulang belikat pada satu sisi tubuh.

- Satu kaki memiliki panjang yang berbeda.

- Posisi kepala tidak berada tepat di tengah pundak.

- Hampir 23% orang yang menderita kelainan tulang belakang jenis idiopatik mengalami nyeri punggung, kesemutan, dan mati rasa.

Pada kasus yang parah, skoliosis bisa menimbulkan gejala berupa tulang belakang yang seakan terlihat melintir, yakni melengkung ke sisi tubuh. Kadang membentuk huruf S atau C.

Nah itu tadi penjelasan sedikit dari aku, kebetulan sudah 6 tahun aku bersahabat dengan PEN/Titanium ditubuhku, begitu setianya dia melekat dalam punggungku, selalu bisa diajak kerjasama saat dalam kondisi apapun..... kini cerita baru dimulai, 

I'm Scoliosis
Berawal dari kebiasaan buruk saat kecil berdampak besar dalam kehidupanku, tak banyak yang membully sebagai manusia kura-kura karena punggungku selah satu nya lebih menonjol kedepan seperti punuk kura-kura, pundak yang tidak rata (tinggi sebelah) tidak normal seperti manusia pada umumnya. setiap foto ijasah lulusan sekolah SD,SMP,SMK aku selalu paling lama karena harus ditata dan menahan agar pundakku bisa rata dan sejajar, sampai harus 5x foto untuk bisa bagus, hingga akhirnya aku memutuskan untuk chekUp ke dokter orthopedi bagian tulang belakang, karena semakin hari kondisiku semakin buruk, selalu insecure saat memasuki dibangku kuliah, jalan naik turun tangga dengan membawa beban tas rangsel yang berisikan laptop tiap harinya membuat dadaku sesak nafas (padahal gak ngerasa punya penyakit paru-paru). tepat disemester 7 aku ijin cuti 1 semester karena harus pengobatan secara serius. awal periksa aku bertemu dokter spesialis orthopedi sampai 2 dokter yang menyanggupi untuk menangani saya, dari yang baik sampai yang ketus... sampai akhirnya aku checkup dan rongsen untuk memastikan kondisi badanku, diluar nalar dan dugaan setelah lihat hasilnya berbentuk S. kemudian aku lanjut menuju dr.anestesi karena dokter menyarankanku untuk operasi besar, aku bertemu dengan beberaa dokter diasana, sampai akhirnya dokter wanita bicara serius yang bikin aku down dan turun BBku sekitas 10kg, ini harusnya dr.spesialis tulang belakang, sampai akhirnya aku disuruh menemui doker yang memang ahlinya, diaturkan jadwalnya, setelah bertemu dengan beliau, rasa takutku berkurang, sampai akhirnya semua dipersiapkan... aku mulai memesan kamar VIP karena untuk kenyamananku dan keluarga yang menemaniku, hingga akhirnya aku dijadwalkan operasi 2minggu lagi, menunggu itu hal yang membosankan, sampai akhirnya aku memutuskan untuk pergi jalan sama sahabat-sahabatku seebelum aku operasi, dan aku gatau operasiku akan berhasil apa tidak, sampai akhirnya aku memutuskan untuk pergi ke puncak B29 daerah lumajang jawatimur, sebenernya naik motor bisa banget, tapi aku memilih untuk jalan sampai puncak, pingin ngerasain naik bukit yang lumayan menguras tenaga. aku ber 4 dengan sahabatku (Aku, Insan, Bob, dan rizal) yaaa mereka pria semua, mereka adalah sahabatku sedari sekolah. setalah liburan selesai merasakan semua keindahan yang ALLAH ciptakan, kini dering hp berbunyi notif dari dr.spesialisku, beliau menjadwalkanku untuk dipercepat dan sudah disiapkan semuanya, sampai akhirnya waktunya tiba, perawat menyuruhku naik kursi roda, padahal aku bisa jalan sendiri, sahabatku semua ikut menemaniku, sesampai dikamar yang menurutku lumayan untuk temen-temenku bisa nyaman saat menemaniku, yaaah sebelum puasa aku pingin banget pancake durian, akhirnya adekku cowok dan temenku pergi ke cafe dekat rumahsakit, setelah sejam kemudian perawat mulai mempersiapkan untuk proses operasi dan aku harus mulai puasa selama 8jam, apa kabar pancakeku yaa, (dalam hati) hingga 2jam berlalu adekku datang membawa pancake durian serta ice cream yang aku minta, sayang banget gabisa kemakan, alhasil makannnya semua itu dimakan adekku, sedihnya....

-Proses Operasi-
Aku mulai memasuki ruang operasi, didalam ruang tersebut menurutku sangat dingin, dokter bilang, kamu akan semakin cantik dan tinggi nanti jangan takut ya. yaaah aku bismillah untuk selalu siap dengan kondisiku, kalian harus tau, apabila operasi ini gagal, yang ada aku akan mengalami lumpuh total. rasa takut yang kian nyiksa batin... here we go..... 7jam operasi berjalan, darah dimana mana, dibawa menuju tempat steril. dengan mulut yang memakai selang inkubator dan oksigen masih menancap dihidungku, serta kedua tangan yang sama-sama memakai infus bening dan darah. sungguh pengalaman menyeramkan bagiku. tepat pagi hari semua menantiku untuk sadar, hingga akhirnya aku sadar, dengan mata yang sangat berat. semua menunggu kesadaranku, bahkan temanku ada yang tidur disamping kakiku, terimakasih kalian sahabat yang sangat peduli terhadapku... sampai akhirnya semua berangsur membaik, dan aku bersiap untuk terapi berdiri dengan terapi yang sangat bikin semuanya tegang. pertama kali dokter, dan yang kedua ibu... rasa takut terus membuatku khawatir, bagaimana kalau aku tidak bisa berdiri? bagaimana ini?yaaa yang ada diotakku hanya itu, sampai akhirnya semua bertepuk tangan, karena aku pasien termuda dirumah sakit tersebut yang harus menjalani operasi besar. bahagia dan haru, akhirnya aku bisa berdiri dan duduk. terimakasih support kalian semua, aku bersyukur Allah maha baik dan maha segala galanya... tangis haru jadi satu bertumpuk dipelupuk mata hingga jatuh kepipiku dengan senyum mengembang. 
Kini dokter memperbolehkan aku untuk pulang, semangat banget untuk proses selanjutnya, gak sabar untuk terus mengikuti proses terapi supaya aku bisa cepet jalan dan bisa ngelanjutin kuliah lagi.
beberapa bulan kemudian, aku sudah mulai mengurusi perkuliahan untuk semester akhirku, skripsi didepan mata, dan aku mulai bersiap untuk melanjutkan masa depanku... 

-Pasca Operasi-
Hari demi hari aku lalui dengan banyak batasan akivitas yang aku jalani, dan olahraga yang biasa aku lakukan pun harus dikhususkan, tidak diperbolehkan bawa bawakan yang berat, tidak boleh angkat beban berat dan naik turun tangga, tidak boleh nyetir motor, tidak boleh yaa kata tidak boleh itu membuatku jenuh dan miris... kebanyakan aturan, tapi semua ini demi kebaikan. aku rindu naik gunung, aku rindu bersepeda, aku rindu nyetir, aku rindu lari-lari, loncat-loncat... semuanya gak boleh. rutinitas yang aku jalani memang terbatas, tapi dari keterbatasan tersebutlah aku belajar arti sabar dan ikhlas, yaa sabar jangan dulu daan ikhlas kalau memang ditubuhku terdapat pent yang akan terus bersahabat hingga aku pulih kembali.
Sekarang aku sudah kembali normal layaknya kembali beaktivitas seperti halayak umum kawula muda, bekerja, jalan, naik gunung, nyetir dll.
Alhamdulillah banyak bersyukurnya, banyak yang support, dan menjaga...

Buat kalian semangat, apapun yang kalian alami sudah menjadi takdir, dan apa yang sudah dilalui tak perlu disesali, karena kalian gatau Allah sudah menentukan yang terbaik untuk kita, banyaklah bersyukur dan selalu berterimkasih pada diri sendiri...


Salam hangat
-Sya-

Komentar

Postingan Populer